ISIS BANTAI JAMAAH SHALAT JUMAT DI ARAB SAUDI

ISIS Bantai Jamaah Shalat Jumat Di Arab Saudi – Setidaknya 21 orang akhirnya tewas dalam sebuah serangan di masjid Syiah di wilayah Arab Saudi yang diklaim telah dilakukan oleh kelompok radikal yang menyebut dirinya Negara Islam (ISIS). Menteri Kesehatan Arab Saudi menyebutkan jumlah korban tewas sedikitnya adalah 21 orang, ini lebih tinggi dari perkiraan awal.

Peluang usaha jamur tiram

Selain itu lebih dari 80 orang mengalami luka-luka. Sebagian dari mereka oleh dokter dikatakan dalam kondisi “sangat kritis”. Serangan terjadi bersamaan dengan salat Jumat di Masjid Ali, Desa al-Qadeeh, Qatif, Provinsi Timur pada Jumat (22/5/2015). Kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS mengeluarkan pengakuan bahwa pihaknya berada di belakang pengeboman melalui akun Twitter dan sekaligus mengunggah foto pelaku serangan bunuh diri.

Inilah serangan pertama yang diklaim dilancarkan oleh cabang ISIS di Arab Saudi yang secara resmi didirikan November 2014.

ISIS Bantai Jamaah Shalat Jumat Di Arab Saudi

ISIS Bantai Jamaah Shalat Jumat Di Arab Saudi

Wartawan BBC urusan keamanan Frank Gardner melaporkan serangan ini tidak mengejutkan sebab ISIS yang menganut paham Sunni membenci Syiah dan kelompok itu hampir dipastikan mencari peluang memperburuk ketegangan sektarian antara minoritas Syiah dan mayoritas Sunni di Arab Saudi.

Raja Arab Saudi janji Balas ISIS

Serangan bom bunuh diri di masjid Syiah Jumat (22/5), membuat Raja Salman dari Arab Saudi berang. Kemarin (24/5) dia berjanji memberikan pembalasan serupa bagi orang-orang di balik serangan itu. Serangan tersebut mengakibatkan 21 jamaah tewas dan 101 lainnya luka. Dua korban tewas adalah anak-anak.

Itu adalah serangan paling mematikan di Saudi selama beberapa tahun ini. Itu juga menjadi serangan pertama Islamic State of Islam and Syria (ISIS) di negeri berjuluk Petrodolar tersebut. ’’Setiap orang yang terlibat, merencanakan, mendukung, atau bersimpati terhadap kejahatan mengerikan ini harus bertanggung jawab dan menerima hukuman yang layak,’’ ujar Salman.

Pemerintah Arab Saudi menjelaskan, saat kejadian pelaku memasuki Masjid Imam Ali di Desa Al Qudaih, Provinsi Qatif. Masjid tersebut adalah milik minoritas Syiah di Saudi. Pelaku membelit tubuhnya dengan sabuk yang penuh bahan peledak. Saat itu jamaah sedang sujud untuk menunaikan salat Jumat ketika tiba-tiba bom meledak. Korban tewas termasuk anak-anak. Baca juga: Imam Masjid Nabawi: ISIS Bentukan Amerika.

Pihak ISIS mengklaim bahwa mereka adalah dalang di balik serangan itu. Pemerintah Saudi kemarin membenarkan klaim tersebut. Pelaku diidentifikasi bernama Saleh bin Abdul Rahman Saleh Qashimi. Dia merupakan penduduk Saudi yang ingin menjadi anggota ISIS. Pihak ISIS sendiri menjuluki Qashimi sebagai Abu ’Ammar Al Najdi. ’’Dia termasuk dalam daftar pencarian orang oleh badan keamanan nasional karena termasuk jaringan yang menerima perintah ISIS dari luar negeri,’’ ujar Kementerian Luar Negeri.

Kerajinan Tangan Kertas Koran

Pos Perbatasan Direbut

Di lain tempat, milisi ISIS merebut pos perbatasan terakhir yang menghubungkan Suriah-Irak, yang selama ini dikuasai tentara yang setia kepada pemerintah di Damaskus. Informasi yang diperoleh organisasi yang memantau hak asasi manusia di Suriah (SOHR) menunjukkan tentara pemerintah mundur dari al-Tanf, biasa disebut pos penyebarangan al-Waleed oleh warga Irak, ketika milisi ISIS bergerak dan masuk ke kawasan.

Wartawan BBC di Baghdad mengatakan ada tiga titik penyeberangan antara Suriah-Irak dan ketiga-tiganya sekarang dikuasai ISIS, yang berarti kelompok tersebut makin leluasa mengatur atau mengirim pasok dari Irak ke Suriah dan sebaliknya.

ISIS Bantai Jamaah Shalat Jumat Syiah Di Arab Saudi

ISIS Bantai Jamaah Shalat Jumat Syiah Di Arab Saudi

Sehari sebelumnya milisi ISIS merebut kota kuno Suriah, Palmyra, memicu kekhawatiran berbagai peninggalan sejarah penting di kota ini akan dihancurkan oleh ISIS. Kekhawatiran ini didasarkan pada aksi ISIS menghancurkan situs-situs kuno dengan nilai sejarah yang tinggi di Irak. SOHR mengatakan ISIS sekarang menguasai lebih dari 95.000 kilometer persegi wilayah Irak atau lebih dari 50 persen. Baca juga: Kemunculan ISIS Sudah Diprediksi Ali Bin Abi Thalib.

ISIS sudah merebut Provinsi Deir al-Zour dan Raqqa dan praktis menguasai Hasakeh, Aleppo, Homs, dan Hama. Meski demikian, berbagai pihak mengatakan wilayah luas yang dikuasai ISIS di Suriah timur tidak memiliki arti penting dari sisi politik. Di Irak, ISIS merebut kota penting Ramadi di Provinsi Anbar setelah terlibat kontak senjata sengit selama beberapa pekan.

loading...

Tags: INTERNASIONAL

Related Post "ISIS BANTAI JAMAAH SHALAT JUMAT DI ARAB SAUDI"

5 FAKTA TENTANG ANGGITA SARI YANG MENARIK
5 Fakta Tentang Anggita Sari Yang Menarik
4 TENTARA MILITER WANITA YANG MEMATIKAN
4 Tentara Militer Wanita Yang Mematikan -
CARA MEMBEDAKAN KAYU PUTIH CAPLANG ASLI & PALSU
Cara Membedakan Kayu Putih Caplang Asli &
10 MAKANAN UNIK DI PERNIKAHAN GIBRAN & SELVI
10 Makanan Unik Di Pernikahan Gibran &