BENTUK BERAS PLASTIK & BAHAYANYA SAAT DIMASAK

Bentuk Beras Plastik Saat Dimasak & Bahayanya – Mulai saat ini, sebaiknya lebih cermatlah dalam memilih beras. Jangan sampai perut Anda dipaksa mengkonsumsi nasi dari beras berbahan plastik. Sebab, beras atau nasi yang mengandung bahan sintetis ini jelas sangat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Peluang usaha jamur tiram

Awalnya seorang pedagang nasi uduk, Dewi Septiani (29 tahun), di Bekasi, yang membeli beras diduga berbahan sintetis segera melakukan pengecekan terhadap kualitas beras yang dibelinya. Beras yang dibelinya sebanyak enam liter itu sudah membuat pelanggan nasi uduknya mulas dan pusing. “Dari pengamatan saya beras ini tidak lazim. Berasnya tidak memiliki bulir, biasanya bubur kalau sudah dingin bentuknya mengental dan menyatu, tapi kalau ini seperti belum matang,” katanya di Bekasi, Selasa (16/5).

Bentuk Beras Plastik Saat Dimasak

Selain bubur, Dewi juga sempat menanak beras itu untuk dijadikan nasi uduk, namun beras tersebut mengeluarkan banyak air dan basah. “Kalau beras biasa meresap air, tapi ini malah mengeluarkan air. Saat dimakan rasanya aneh,” katanya. Menurutnya, bubur yang telah dimasak selama lebih dari satu jam itu tidak menghasilkan bubur halus. “Butirannya justru membesar tapi tidak halus. Biasanya bubur buatan saya halus dan lembut. Ini rasanya aneh di lidah dan sangat lengket,” katanya.

Beras Plastik

Dari ciri tersebut, Dewi pun mencoba mencari tahu jenis beras tersebut melalui internet dan sejumlah pemberitaan. “Ternyata jenis beras yang saya beli per liternya Rp 8 ribu itu mirip sekali dengan ciri beras berbahan sintetis. Kan banyak pemberitaan yang bilang saat ini beras asal Tiongkok masuk ke Indonesia,” katanya.

Keanehan itu kemudian membuat ibu satu anak itu memutuskan untuk mengganti lokasi pembelian beras yang sudah setahun menjadi pelanggannya. Ia juga memublikasikan temuan itu melalui media sosial Facebook dan Instagram untuk diketahui masyarakat luas.”Rencananya saya mau lapor ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), tapi keburu datang orang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi untuk membawanya ke laboratorium,” katanya.Hingga kini kasus itu masih dalam penanganan Polresta Bekasi Kota dengan memeriksa pelapor serta lima orang saksi dari kios penjualan beras di Pasar Mutiara Gading.

Bahaya BerasĀ  Plastik Bagi Kesehatan

Ketua Tim Pangan dan Gizi Jatim Andriyanto mengatakan, plastik bukan merupakan bahan makanan. Sebab, masuknya senyawa plastik ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ. Misalnya, gangguan hati dan gagal ginjal. Selain itu, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kanker. Sebab, plastik mengandung zat dioksin. Di mana, zat tersebut memiliki sifat karsinogenik. “Efek jangka panjangnya ya kanker,” katanya. Bahkan, dia menambahkan, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kematian.

Kerajinan Tangan Kertas Koran

Dia mengatakan, ada sejumlah gejala awal yang harus diwaspadai masyarakat. Mengonsumsi plastik dapat menyebabkan anoreksia atau kehilangan selera makan. Selain itu, gejala lainnya adalah mual dan pusing. Jika terlalu sering dikonsumsi, kandungan plastik pada beras plastik juga dapat menempel pada lambung. Gejala awalnya perut merasa sakit layaknya orang yang menderita maag. “Tapi jika dibiarkan bisa menyebabkan kanker kolom atau kanker lambung,” jelasnya.

Andriyanto menegaskan, plastik memang tidak layak dikonsumsi. Bahan sintetis hanya boleh digunakan sebagai pembungkus. Itu pun harus dalam pengawasan. “Ada standarnya juga. Tidak semua jenis plastik bisa untuk membungkus makanan,” ujar Andriyanto. Dengan banyaknya bahaya yang ditimbulkan, Andriyanto mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat membeli beras. Bahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk melihat dengan jeli beras yang akan dikonsumsi.

Andriyanto menjelaskan, ada tiga kandungan yang terdapat dalam beras. Yakni, karbohidrat, protein, dan vitamin B1. “Kandungan vitamin B itu yang membuat beras berwarna putih pudar,” katanya. Dia menambahkan, beras sehat dilihat dari warnanya yang tidak terlalu putih dan tidak bening. “Biasanya putih pudar, lalu ada bintik di tengah,” ucap Andriyanto.

Andriyanto berharap pemerintah bisa sigap dengan maraknya peredaran beras plastik. Selain membahayakan kesehatan, mencampur beras plastik ke dalam beras asli sudah masuk ke ranah kriminal. Sebab, mengoplos beras sangat merugikan konsumen. “Mudah-mudahan pelaku bisa segera ditangkap dan peredarannya bisa dihentikan,” tandas Andriyanto.

Dengan mengetahui bentuk beras plastik saat dimasak & bahayanya bagi kesehatan ini semoga membuat Anda lebih berhati-hati lagi dalam memilih beras, mengingat nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia yang selalu dikonsumsi setiap hari. (Source: republika & jpnn)

loading...

Tags: NASIONAL

Related Post "BENTUK BERAS PLASTIK & BAHAYANYA SAAT DIMASAK"

5 FAKTA TENTANG ANGGITA SARI YANG MENARIK
5 Fakta Tentang Anggita Sari Yang Menarik
4 TENTARA MILITER WANITA YANG MEMATIKAN
4 Tentara Militer Wanita Yang Mematikan -
CARA MEMBEDAKAN KAYU PUTIH CAPLANG ASLI & PALSU
Cara Membedakan Kayu Putih Caplang Asli &
10 MAKANAN UNIK DI PERNIKAHAN GIBRAN & SELVI
10 Makanan Unik Di Pernikahan Gibran &