3 DOA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN

3 Doa Menyembelih Hewan Qurban – Memotong hewan kurban merupakan salah satu amalan yang sering dilakukan oleh kaum muslimin di hari raya idul Adha dan 3 hari sesudahnya. Dan disunnahkan juga bagi orang yang menyembelih – jika memungkinkan – untuk melakukannya di mushalla (maksudnya tanah lapang yang biasa digunakan untuk sholat Id) sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi kita di dalam sebuah hadits-nya yang shahih.

“Dari Nafi’ dari Ibnu Ubar dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam, bahwasanya beliau melakukan dzabh dan nahr (dzabh adalah menyembelih sapi dan kambing dan nahr adalah menyembelih unta, lihat Al Ushulus Tsalatsah Hasyiyah Syaikh Abdurahman bin Muhammad an Najdi Al Hanbali hal 42) di musholla (HR Bukhari, an Nasa’i,Ibnu Majah dan Abu Dawud).

3 doa menyembelih hewan qurban
Doa menyembelih hewan qurban

Imam Asy Syaukani mengatakan : hikmah dilakukannya penyembelihan di mushalla (lapangan tempat sholat Ied, red) adalah supaya orang-orang fakir dapat melihatnya sehingga mereka dapat mengambil daging sembelihan tersebut. (Lihat Nailul Authar karya Imam Asy Syaukani, jilid 5 hal 122).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengucapkan beberapa doa ketika menyembelih, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat yang shahih diantaranya hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam telah memerintahkan (untuk didatangkan kepadanya) seekor kibas (domba) yang hitam, menderum (dengan perut) yang hitam dan melihat (dengan bulu sekitar matanya) yang hitam. Maka didatangkanlah kibas tersebut agar beliau menyembelihnya.

Lalu beliau berkata kepada Aisyah : “Ya Aisyah, bawalah kemari sebuah pisau.” Maka Aisyahpun melakukannya. Kemudian Rasulullah mengambil pisau tersebut dan mengambil kibas serta menggulingkannya lalu beliau sembelih dengan mengucapkan :

باِسْمِ اللهِ ، اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ.

Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min
ummati muhammadin

Artinya : Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud). Berarti beliau telah berkurban dengannya. Dalam riwayat lain disebutkan (yang artinya) : Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berkurban dengan dua kibas yang berwarna putih campur hitam dan bertanduk, kemudian Anas mengatakan : “Aku melihatnya menyembelih keduanya dengan tangannya, dan aku melihat beliau meletakkan kakinya di atas kedua pipi (kibas) sambil mengucapkan basmalah (Bismillah, red) dan bertakbir (Allahu akbar,red). ” (HR Muslim).

Dalam suatu riwayat dari Anas yang semisal dengan riwayat diatas, akan tetapi pada akhirnya disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam mengucapkan :

بِاسْمِ اللهِ ، وَ اللهُ أَكْبَرُ (رواه مسلم)
“Bismillah, wallahu akbar”.

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar. (HR Muslim, Shahih Muslim 3/1557).
Dalam riwayat Baihaqi dengan memakai tambahan :

اَللَّهُمَّ مِنْكَ وَ لَكَ (رواه البيهق)
“Allahumma minka wa laka”.
Artinya : “Ya Allah, darimu dan untukmu.” (HR Baihaqi 9/278). (Lihat Hisnul Muslim, Sa’id bin Ali Al
Qathani hal 141).

Wallahu a’lam bish showab.

Anda bisa memilih salah satu dari 3 do’a menyembelih hewan qurban di atas atau bisa juga membaca semuanya. Semoga mendapatkan banyak keberkahan dari daging hewan qurban yang Anda potong dan banyak manfaatnya bagi ummat.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Tags: DO'A

Related Post "3 DOA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN"

BUMI TIDAK DATAR MENURUT SAINS & AL-QURAN
Ternyata bumi tidak datar menurut sains &
9 TAFSIR SURAT AL-MAIDAH AYAT 51 MENURUT PARA MUFASSIR
9 Tafsir Surat Al-Maidah Ayat 51 Menurut
BENARKAH MUSLIM HARUS KERAS TERHADAP KAFIR?
Benarkah Muslim Harus Keras Terhadap kafir? Surat
GUS DUR, PANJENENGAN IKU ANEH & KERE
Gus Dur, Panjenengan Iku Aneh & Kere -