TIPS JITU PRESENTASI YANG MENARIK

Tips Jitu Presentasi Yang Menarik - Melakukan presentasi di depan orang banyak bisa membuat siapa saja merasa gugup. Tapi dengan persiapan matang dan latihan, presentasi Anda pun bisa menarik perhatian mereka yang hadir. 
presentasi

Fokus pada ringkasan
Selalu buat skema atau ringkasan isi presentasi Anda, sebelum menyampaikannya di depan umum. Fokuslah pada ringkasan yang telah Anda buat, jangan sampai keluar dari topik yang akan dibicarakan.

Pelajari lebih
Sebaiknya persiapkan diri semaksimal mungkin, pelajari subyek yang menjadi bahan presentasi dan jika memungkinkan, pelajari lebih jauh lagi. Hal ini untuk mempersiapkan diri seandainya ada banyak pertanyaan seputar presentasi yang Anda lakukan.

Lakukan riset pasar
Ciptakan presentasi yang efektif dengan memahami apa yang paling diinginkan oleh audience atau peserta presentasi. Selalu lakukan riset dan kenali siapa yang hadir di presentasi Anda. Buatlah sejumlah penyesuaian isi presentasi, agar mereka lebih mudah mengerti dan pesan tersampaikan.

Gunakan anekdot
Apa pun subyek yang dipresentasikan, sedikit lelulon atau cerita menarik bisa menjadi cara hebat untuk menyampaikan isi presentasi Anda. Pilihlah anekdot yang cocok dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Sebuah cerita tak hanya memudahkan peserta untuk lebih mengerti, tapi juga tidak akan membuat presentasi terasa membosankan.

Ajak partisipasi
Jangan hanya berbicara terus-terusan sambil mengganti slide PowerPoint Anda, tapi ajak peserta berpartisipasi. Minta mereka bertanya, atau sesekali Anda yang bertanya pada mereka. Cara ini untuk membuat mereka semakin terikat dengan apa yang Anda presentasikan.

Nada suara berbeda
Ingatkah Anda suara dosen yang datar dan membosankan? Supaya peserta tidak mengantuk, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan nada suara yang berbeda saat menjelaskan suatu topik. Saat memaparkan hal yang menyenangkan, Anda bisa meninggikan suara dan terlihat bersemangat. Sebaliknya, ketika membicarakan sesuatu yang serius, Anda bisa mengatur suara untuk lebih serius dan ‘dalam’.
-------------------------------------------------
Hal Kecil Dibawah Ini Bisa Mempengaruhi Presentasi
presentasi

Perhatikan semut diujung meja! Artinya perhatikan hal-hal kecil yang seringkali dapat mempengaruhi persepsi lawan bicara, terutama calon pelanggan terhadap anda. Banyak sekali sesuatu yang nampaknya sepele namun dapat berpengaruh saat presentasi atau bicara. Kompetisi bisnis yang semakin ketat membuat banyak kompetitor berlomba-lomba untuk Berikut beberapa diantaranya yang harus diperhatikan :

  1. Berkacalah sebelum bertemu, dan rapikan diri anda lebih dahulu, pastikan badan anda tidak ada bau aneh yang menyengat.
  2. Rapikan rambut sangat penting, karena rambut adalah bagian penting yang membentuk raut wajah terlihat lebih menarik.
  3. Pelajari cara menyikat gigi yang benar, agar anda dapat membersihkan gigi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan bau mulut. Sediakan penyegar mulut atau permen penyegar di tas. Sadari bahwa banyak orang memilih membeli barang dengan harga yang lebih mahal, karena memilih wiraniaga yang lebih segar nafasnya.
  4. Hindari memakai sepatu butut, atau melepas sepatu walaupun dalam posisi duduk.
  5. Bila anda dalam posisi duduk, duduklah dengan tegak namun tetap santai, cara agar terlihat santai adalah turunkan sedikit bahu anda dan tersenyum.
  6. Pastikan bahwa lawan bicara mendengar dengan baik, hindari berbicara terlalu pelan karena akan anda terkesan tidak percaya diri atau bisa juga ragu dengan produk sendiri.
  7. Sebisa mungkin bersihkan / cuci tangan sebelum bertemu relasi anda.
  8. Perhatikan aksesoris yang anda gunakan, hindari yang tidak mendukung penampilan seorang pekerja professional.
  9. Agar terlihat rapi aturlah agar kantong celana anda tidak nampak penuh oleh barang, yaitu kunci, beberapa hp, dompet, dan lain-lainnya, masukkan saja dalam tas.
  10. Jangan bawa tas kantor atau alat tulis yang rusak, agenda dengan gambar yang tidak tepat.
  11. Jaga tangan anda agar tidak memainkan barang atau benda apapun, baik diatas atau dibawah meja, pada saat bicara termasuk menggigit-gigit benda tertentu.
  12. Jangan goyang-goyangkan kaki anda, letakkan kaki anda pada posisi menapak di lantai.
  13. Hindari kebiasaan pribadi, seperti mengorek hidung, mengorek telinga, membersihkan kuku, bahkan ada pula yang mengorek-ngorek jari kaki saat bicara.
  14. Jagalah tangan agar tidak memainkan kancing baju, bahkan secara tak sadar ada beberapa yang menggosok leher dan dada seperti membersihkan daki.
  15. Bila anda harus menerima telepon, mintalah ijin, dan katakan pada penelpon bahwa anda akan meghubungi kembali dan bicaralah dengan lembut.
  16. Hindari pula kebiasaan baru yang sekarang sering dilakukan beberapa orang, yaitu sambil berchat ria. Kalaupun anda perlu membalas chat yang penting, lakukan secepat mungkin dan katakan bahwa anda akan melanjutkan lagi nanti pada rekan chat anda.
  17. Jagalah mata anda agar tidak menatap orang-orang yang berlalu lalang disekitar anda, atau terlalu lama mengamati sesuatu.
  18. Bila anda menguap karena mengantuk, maka tutuplah mulut dengan tangan dan palingkan wajah anda ke kanan atau kiri bawah. Jangan menguap sambil memandang relasi anda !
  19. Jaga mata anda agar tidak menatap ke bagian hidung kebawah terhadap lawan bicara.
  20. Bila ada makanan atau minuman,nikmatilah dengan tenang dan santai sambil menyimak pembicaraan. Jaga agar alat makan tidak berbunyi dengan keras.
  21. Hindari bicara dengan cepat, bicaralah dengan perlahan. Jika berbicara terlalu cepat orang lain tidak sempat memikirkan pesan yang menarik dari anda, sehingga memilih tidak menerima tawaran di akhir.
  22. Tertawapun perlu untuk diperhatikan, beberapa orang agak berlebihan dalam tertawa. Tolak ukurnya sangat mudah, jika lawan bicara kurang menikmati, mengernyitkan dahi, atau hanya terdiam saat anda terbahak-bahak, itu tanda sudah saatnya untuk mengubah tawa. Beberapa sahabat atau orang terdekat biasanya pernah memberitahu kita akan hal ini, dengarkanlah mereka.

-----------------------

Wireless Presenter – Presentasi Canggih Tanpa Kabel 

wireless presenter
Powersenter, mempermudah presentasi.
Mungkin beberapa diantara Anda merasa sedikit repot jika harus melakukan presentasi hanya duduk diam didepan laptop. Fokus harus terbagi antara laptop, layar presentasi dan audience. Sekarang ada gadget yang bisa membuat presentasi Anda jadi nampak lebih canggih dan menarik. Yaitu dengan menggunakan wireless presenter.

Menggunakan wireless presenter ini, Anda bisa fokus hanya pada presentasi dan audiens. Anda tidak akan direpotkan lagi dengan operasional mouse yang terhubung ke laptop. Dimana Anda harus klik untuk melakukan pindah halaman.

Laser pointer ini terdiri dari dua bagian. Yaitu USB dan remote control. Ketika USB ditancapkan pada laptop atau desktop, lalu nyalakan. Maka remote control pun bisa difungsikan untuk membantu Anda presentasi. Wireless presenter ini mempunyai jangkauan hingga 15 meter. Didesain secara menarik dan mudah untuk dipengang, sehingga Anda nyaman mengunakannya.

Dengan wireless laser pointer, Anda tidak perlu bolak balik ke PC/Laptop atau dibantu orang lain untuk mengontrol presentasi Anda. Bebas tanpa mouse untuk navigasi slide. Anda bisa benar-benar konsentrasi pada presentasi dan audiens Anda.

Tidak perlu driver khusus, tinggal plug n play. Tidak perlu ribet lagi mesti instal software. Masukkan ke port USB, maka led indicator akan berkedip. Tekan page-up atau page-down selama 1-2 detik. Lampu indikator akan mati dan presentasi siap dimulai.

Laser pointer ini support dengan sistem operasi Windows 98, 2000, Me, XP, Vista atau Linux. Sambil presentasi sekarang Anda bisa bebas berjalan membaur dengan audiens. Presentasi lebih terlihat canggih dan modern.
laser pointer
laser pointer

Spesifikasi:
- Menggunakan satu buah baterai tipe 23A12V.
- Berat: 132 g
- Size: 15.5*7.7*3.5 cm


Dalam 1 paket berisi:
- 1 unit  laser pointer
- 1 transmitter ke laptop/pc
- buku petunjuk dan dus.

Presentasi sukses dengan wireless presenter.

Info stok barang, harga, pembelian dan tanya jawab tentang produk silahkan