MANFAAT METODE PENELITIAN BAGI MAHASISWA



Penelitian ilmiah di perguruan tinggi merupakan suatu keharusan, baik sebagai tugas akademik bagi mahasiswa ataupun yang berkaitan dengan pelaksanaan kompetensi dosen. Dengan penelitian ilmiah inilah akan lahir temuan-temuan baru yang menarik perhatian kalangan civitas akademik ataupun publik.

            Lebih jauhnya, hasil penelitian ilmiah ini sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan, khususnya bagi pengembangan bidang keilmuan yang diteliti dan lebih luas lagi untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan juga masalah lain yang di hadapi oleh masyarakat dan bangsa.


            Untuk menghasilkan penelitian ilmiah yang berkualitas diperlukan sebuah metode yang tepat. Menguasai metode penelitian merupakan salah satu faktor penting yang akan memudahkan peneliti dalam menyelesaikan penelitian ilmiahnya. Ada banyak ragam metode penelitian ilmiah, seperti metode penelitian historis, metode studi kasus, metode deskriptif, metode komparatif dan sebagainya. Namun, secara garis besar metode penelitian ini terbagi jadi dua, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif.

            Dengan semakin banyaknya perguruan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Agama Islam, diharapkan penelitian tentang Islam juga tidak berjalan di tempat, sehingga berbagai pengulangan dalam penelitian pun semakin dapat di minimalisir.


Metode penelitian merupakan langkah penting untuk memecahkan masalah-masalah penelitian. Dengan menguasai metode penelitian, kita bukan hanya bisa memecahkan berbagai masalah penelitian, namun juga bisa mengembangkan bidang keilmuan yang kita geluti, memperbanyak penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan dunia pendidikan.

Ada dua jenis metode penelitian yang cukup dikenal, terutama di dunia akademis, yaitu penelitian kualitatif  dan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang menghasilkan data secara tertulis dari objek yang diamati atau diteliti secara alamiah, karena itu pula metode penelitian ini sering juga di sebut metode naturalistik. Sedangkan metode penelitian kuantitatif  adalah adalah penelitian empiris yang out put datanya biasanya berupa data dan  angka-angka (numerik).


Para ahli membagi penelitian kualitatif dan kuantitatif ini menjadi beberapa jenis, tentu saja pembagian mereka tidak sama antara pakar yang satu dengan yang lainnya. Ada yang membaginya menurut jenis dan analisis data, menurut tujuan, menurut tempat, menurut tarafnya, menurut pendekatan, menurut variabel dan lain-lain. Setiap metode pun dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa metode baru, dengan ciri khas dan langkah penelitian yang berbeda pula.

Metode penelitian sangat penting dan mutlak harus dikuasai oleh para mahasiswa, karena dalam penyelesaian tugasnya para mahasiswa tidak bisa terlepas dari penelitian yang harus menggunakan metode penelitian yang tepat. 

-------------------------------------------
Butuh contoh Tesis/skripsi yang sudah jadi (full content) untuk bahan inspirasi?? Ada lebih dari 1200 skripsi dan lebih dari 1200 tesis yang bisa anda dapatkan. KLIK DISINI