Uswatun Hasanah

oleh: S Cahyono
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(QS Al Ahzab 33:21)
Sebagian muslim menganggap suri teladan Rasul adalah seluruh tingkah laku beliau termasuk mode rambut dan pakaian. Namun sebagian lain
masih bingung apakah itu juga termasuk yang ini.
"...Sebaik-baik perkataan (khairul hadits) adalah kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, sejelek-jelek urusan adalah yang baru (bid'ah), semua yang baru adalah kesalahan..."
(Shahih Muslim dari Jabir bin Abdullah)
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Muhammad SAW adalah yang melengkapi dan menutup penyampaian islam namun bukanlah yang memulai, termasuk dalam hal suri teladan.
Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran) mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatu pun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,
(QS Al Mumtahanah 60:4)
Katakanlah: "Benarlah (apa yang difirmankan) Allah". Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik.
(QS Ali 'Imran 3:95)
Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan), (lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus. Dan Kami berikan kepadanya kebaikan di dunia. Dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif." dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
(QS An-Nahl 16:120-123)
Ternyata suri teladan yang dimaksud bukanlah sesuatu ekslusif melainkan sesuatu yang diwariskan di antara nabi-nabi dan rasul-rasul. Sesuatu yang universal lintas zaman dan lintas umat, yang kata orang Minang "Tak lekang oleh hujan tak lapuk oleh panas".
Selamat merayakan Maulid Nabi 12 Rabiul-Awwal 1425 bagi warga Delft!
Juga selamat kepada 10 negara yang hari ini bergabung ke Uni Eropa. Semoga negara-negara Islam, terutama di Asia Tenggara bisa rukun dan sekuat Eropa.

--------------------
muslimdeft.nl