Junk Food & Soft Drink Penyebab Obesitas Anak

Dari hasil riset di Rumah Sakit Anak di Boston, menunjukkan pemanis yang terkandung dalam minuman ringan diduga bisa menyebabkan obesitas. Sementara, di Indonesia dengan junk foodnya.
Peluang peningkatan kasus penyakit kegemukan bisa mencapai 60%. Hasil riset ini diungkapkan Dr. David S. dan kawan-kawan dari RS. Anak di Boston, yang ditylis oleh artigen.com.

Di Amerika Serikat, kasus ini terus meningkat sejak
tahun 1960 sampai sekarang. Angka yang cukup meningkat terjadi pada anak usia 6-11 tahun yang mencapai 54% dan 40% pada usia remaja.
Sementara itu dari survey Departemen Pertanian AS diperoleh informasi, konsumsi minuman ringan memang cenderung meningkat tajam. Selama 50 tahun terakhir, konsumsi minuman ringan meningkat sampai 500%.

Di Indonesia, ternyata banyak juga menimpa anak-anak, walaupun belum ada data yang pasti. Namun para dokter spesialis anak hampir setiap hari menemukan anak-anak yang obesitas.
Hal ini juga dikemukakan oleh Dokter Spesialis Anak RS St. Carolus, dr. Marius W Spa sebagaimana yang ditulis Republika. Menurutnya Obesitas Anak di Indonesia umumnya disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan junk food, seperti fried chiken.
Menurutnya junk food mengandung kalori yang berlebihan, kolesterol yang tinggi sehingga anak-anak menjadi gemuk. Belum lagi kalau ayam tersebut disuntik hormon, sehingga malah bisa menyebabkan berbagai penyakit pada anak.

Anak yang menderita obesitas bisa terkena penyakit kencing manis. Mereka pada umumnya anak-anak berusia 9-10 tahun.
Dr. Marius juga mengungkapkan di RS Carolus, hampir setiap dua bulan sekali ia menjumpai anak yang menderita penyakit kencing manis. Ini saja yang terdeteksi melalui pemeriksaan, belum lagi yang tidak terdeteksi.

Biasanya anak yang kegemukan cenderung malas bergerak sehingga kurang berolah raga. Jadi, tidak selalu gemuk itu sehat. Dan anak yang berbadan sehat belum tentu gemuk. Dan sebaiknya tidak mengkonsumsi junk food dan soft drink, kecuali dalam keadaan terpaksa, bagaimana.

------------------------
www.kamusilmiah.com