Banser Jaga Sholat Id Warga Muhammadiyah

Sidoarjo, NU Online
Pengamanan dalam jamaah sholat Idul Fitri yang dilaksanakan oleh kaum Muhammadiyah di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo, tidak dijaga oleh aparat kepolisian, melainkan oleh Banser Ansor NU Satkorcab Sidoarjo.

Mulai dari pengaturan lalulintas keluar masuk kendaraan jamaah di depan pintu masuk parkir timur dan sekeliling jamaah, pengamanannya dijaga oleh satgas yang notabene dari Nahdlatul Ulama.

Kata Drs Sugiono Satkorcab Ansor PC Sidoarjo,

pengamanan ini dilakukan atas anjuran atau arahan dari Ketum PP Ansor Pusat. ”Ini untuk menjaga ukhuwah islamiyah dan kebersamaan antar golongan,” ucapnya Selasa (30/8/2011).

Keterlibatan dalam PAM ini, menurut dia, banyak hikmah yang terkandung. Terlebih untuk menjaga sentimentil antara Muhammadiyah dan NU.

Dia menceritakan, semenjak Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (alm) yang dilengserkan, kaum bawah banyak yang beranggapan ada keterlibatan Pak Amin Rais. Dari situ ada kerenggangan ditingkat grassroot antara Muhammadiyah dan NU. ”Dari langkah seperti ini, kondisi itu bisa mencairkan hubungan Muhammadiyah dan NU menjadi baik, mulai dari kaum bawah hingga atas,” harapnya.

Dan, lanjut dia, NU akan selalu mengedepankan ajaran Gus Dur yang selalu menghormati dan menghargai perbedaan. ”Ajaran itu akan selalu kami jalankan untuk menjunjung demokrasi,” terang dia dengan menyebut personil dalam PAM sholat id ini sebanyak 35 orang.

Dapat Apresiasi

Keterlibatan Banser GP Ansor Sidoarjo dalam pengamanan sholat Idul Fitri di beberapa tempat, mendapat apresiasi dari H Imam Sugiri, mantan pengurus PW Muhammadiyah Jatim.

Menurut Imam Sugiri, ini suatu langkah positif untuk terus menuju dan menjaga keharmonisan hubungan Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

”Semua harus memahami dan menghargai perbedaan itu bisa dan biasa. Yang terpenting perbedaan itu tetap semakin mempererat serta menguatkan ukhuwah antar golongan didalam negeri ini,” tutur mantan Bendahara PW Muhammadiyah Jatim usai mengikuti sholat id di lapangan Kedung Banteng Tanggulangin itu Selasa (30/8/2011).

Ditambahkannya, dirinya juga yakin, dalam berlebaran ini, Muhammadiyah tidak akan mendramatisir atau over akting dalam berlebaran karena menghargai kawan-kawan lain yang masih menjalankan puasa. ”Kami akan tetap menghargai dan menghormati kelompok yang merayakan Idul Fitri besok,” tandasnya.

Redaktur: Mukafi Niam
Sumber: Beritajatim.com

—————–
www.nu.or.id

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Tags: ISLAM KABAR ULAMA

Related Post "Banser Jaga Sholat Id Warga Muhammadiyah"

PENYEBAB DAN CARA CEPAT MENGHILANGKAN KETOMBE
Penyebab dan cara cepat menghilangkan ketombe -
SEJARAH PERADABAN ISLAM MASA ABU BAKAR ASH-SHIDIQ
Sejarah Peradaban Islam Masa Abu Bakar Ash-Shidiq
METODE TAREKAT (THARIQAH) UMUM DAN KHUSUS
Metode Tarekat (Thariqah) umum dan khusus - PERLU
SEJARAH NYATA DRACULA
Membuka Topeng Dracula Sejarah nyata drakula. Ketika mendengar